Apa itu Podcast? Podcast adalah

Akhir-akhir ini gw banyak denger kata "Podcast". Apaan sih podcast? Pas gw lg mampir ke http://dailysocial.net ada istilah podcaster atau apalah. Makin penasaran aja tuh. Mau tau podcast itu apa?. Nih sedikit tentang Podcast:

Podcast awalnya adalah dari pengembangan teknologi Pod (iPod) + Broadcast. Suara adalah satu media yang sangat potensial dalam menyampaikan informasi. Radio termasuk salah satu media untuk kepentingan itu. Secara konvensional bila kita memiliki radio, maka setiap kita saat kita bisa mendengarkan setiap informasi yang disampaikan oleh penyiarnya. Nah ketika konsep radio ini dibawa kedalam dunia digital, ternyata ada kendala dalam hal mendapatkan materi-materi yang disiarkan.Tentunya ada kendala teknis yang berhubungan dengan sinyal internet dan bandwidth yang menyebabkan radio digital agak sulit dinikmati. 
 
Untuk mengatasi itu, maka konsep Podcast dikembangkan. Berbeda dengan radio biasa dimana kita mendengarkan materi siaran secara bersamaan dengan penyiarnya menyampaikan /membawakan acara, maka dalam Podcast, kita dapat mengambil file podcast kapan saja kemudian mendengarkannya kapan saja  dan dimana saja. Podcast adalah sebuah Radio dengan konsep anytime anywhere. 



Definisi Podcast itu sendiri adalah sebuah file suara/audio yang bisa didownload dari internet untuk didengarkan sebagaimana layaknya sebuah acara radio. Hanya saja ada satu unsur yang membedakan podcast dari sekedar proses mengupload sebuah file audio (biasanya format MP3) ke internet untuk kemudian bisa didownload oleh siapapun, yakni teknologi sindikasi yang dikenal dengan RSS (Really Simple Syndication). Dengan meng-copy paste kode RSS ke RSS Reader seperti iTunes, iPodder atau bahkan yang online seperti Google Reader, maka kita bisa berlangganan file audio tersebut. Tiap ada episode baru, maka otomatis RSS Reader akan memberitahu bahkan otomatis mendownloadnya untuk kita. Dengan demikian Podcast dalam pengertian yang lain sebenarnya adalah sebuah blog bersuara (atau audio blog). Sebenarnya Podcast tidak hanya terbatas pada suara saja, video juga bisa, namun yang lebih popular adalah untuk suara.
Selanjutnya yang dimaksud dengan podcasting merupakan suatu pendistribusian program audio dan video lewat internet yang memberikan keleluasaan kepada subcriber yang tercatat untuk memilih file yang dikehendaki (yang selanjutnya dikenal sebagai feed), yang didistribusikan secara broadcast sebagai program on demand

Bagaimana mendengarkan Podcast?
 Karena Podcast adalah blog suara, maka secara sederhana kita bisa mendengarkan postingan terbaru materi podcast dengan menggunakan aplikasi pemutar MP3.  Perbedaan utamanya dengan file MP3 lainnya adalah file-file Podcast didapat dengan mekanisme RSS/XML sehingga kita tidak perlu selalu berkunjung ke situs ini, cukup berlangganan dan anda akan mendapatkan rekaman terbaru setiap kali rekaman terbaru tersebut online.






Share on Google Plus

About Betacenturia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.